A. PENGERTIAN FOOD &
BEVERAGE DEPARTEMENT
F&B
Department adalah departement yang menangani semua makanan dan minuman di suatu
hotel dari mulai pemilihan bahan, persiapan, rasa, kualitas, penampilan dan
juga harga yang ditawarkan kepada tamu termasuk memberikan pelayanan yang
terbaik kepada tamu sesuai dengan standar dari masing masing hotel.
RUANG
LINGKUP F&B DEPARTEMENT
Food
and Beverage Depertment terbagi atas 2 bagian;
1. Food
& Beverage Product
2. Food
& Beverge Service
» Food
& Beverage Product
Merupakan
department yang menyajikan makanan, mulai dari proses pemasakan sampai berupa
makanan jadi. Product terbagi atas berbagai macam bagian yaitu main
kitchen, kithen caffe shop, pastry bakery. Dimana semua bagian tersebut
mempunyai fungsi yang berbeda beda tetepi bertujuan sama yaitu menjual produck
ke konsumen hotel.
» Food
& Beverge Service
Bertugas
menangani penghidangan makannan minuman, penyiapan beberapa jenis minuman
diantaranya minuman campuran (mixed drinks)
Dalam
suatu hotel F & B service berfungsi sebagai penjamu pelayanan makanan dan
minuman pada tamu hotel.
F
& B service terbagi atas 4 bagian :
1.
Restaurant
2.
Bar
3.
Baquet
4.
Room service
»
Restaurant
Restaurant merupakan bagian dari Food & Beverage departement yang berfungsi
menyelenggarakan pelayanan makanan dan minuman secara komersil pada suatu
hotel.
»
Bar
Bar merupakan bagian dari food and beverage department yang
bertugas menyiapkan makanan dan minuman, baik ber alkoholik dan non alkoholik.
»
Baquet
Baquet merupakan bagian yang bertanggung jawab dalam event – event besar yang
di selenggarakan dihotel melalui pelayanan makanan dan minuman, biasanya di
selenggarakan di ball room, garden.
»
Room Service
Merupakan bagian dari food and beverage service yang bertugas melayani makanan
dan minuman pada tamu yang menghendaki makan dan minum dalam kamar hotel.
Room service buka selama 24 jam dengan menggunakan pelayanan trolly atau tray.
B. STRUKTUR ORGANISASI
FOOD & BEVERAGE DEPARTEMENT

C. HUBUNGAN FOOD &
BEVERAGE DEPARTEMENT DENGAN DEPARTEMENT LAIN
1. Dengan
FO Departement :
- F.O
akan menginformasikan kepada semua departemen tentang jumlah tamu yang tinggal
dihotel, tamu yang akan datang (check-in), tamu yang keluar (check-out). Dan
tamu penting sehingga F & B dapat menggunakan informasi tersebut sebagai
pedoman dalam operasional.
- F.O
akan menjual produk F & B ( food, beverage, dan service ) kepada tamu yang
datang.
- F
& B akan menyiapkan welcome drink kepada tamu yang baru checkin.
2. Dengan
Housekeeping Departement :
- Housekeeping
(HK) akan menyiapkan linen-linen (table clouth, napkin, skirting) yang
diperlukan oleh f&b service.
- HK
membersihkan area f&b service.
- HK
akan menyiapkan vas flower yang diperlukan f&b service.
- Menyiapkan
menu yang ada di kamar tamu (room service menu).
3. Dengan
Accounting Departement
- Accounting
akan menyiapkan kasir.
- Accounting
akan membeli dan menyiapkan besarnya biaya yang diperlukan di F & B baik
besarnya biaya makanan maupun minuman.
4. Dengan
HRD
- Menyangkut
masalah personal karyawan Food & Beverage Department seperti pengrekrutan karyawan,
promosi jabatan, gaji dan lain sebagainya.
5. Dengan
Marketing Departement
- Pada
sebuah hotel bagian ini menjalin hubungan baik dengan perusahaan lain untuk mempromosikan
ruangan meeting dan makanan yang dikelola oleh F & B Department yang terdapat
di hotel.
6. Dengan
Engineering
- Bertugas
untuk dekorasi lampu, terutama pada acara-acara spesial, AC, pengeras suara,
kulkas, mesin pembuat es batu, cold storage, telepon, perbaikan engsel pintu,
jendela, laci, dan sebagainya untuk keperluan restoran ditangani oleh
engineering.
*Dari berbagai sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar