Kamis, 31 Januari 2019

HOUSE KEEPING DEPARTEMENT


A.   PENGERTIAN HOUSE KEEPING DEPARTEMENT

Tata graha (Housekeeping) mempunyai arti seperti berikut;
House artinya rumah, gedung, wisma, hotel. Sedangkan Keeping mempunyai arti Memelihara, merawat, menjaga. Oleh sebab itu Housekeeping di sebut juga Tata Graha.
Jadi dapat disimpulkan bahwa Housekeeping Department adalah bagian yang bertugas memelihara kebersihan, kerapian, kelengkapan kamar – kamar tamu, restaurant, bar, dan tempat – tempat umum dalam hotel, termasuk tempat – tempat untuk karyawan, kecuali tempat – tempat yang menjadi tanggung jawab steward, misalnya Dapur (kitchen area), daerah pencucian alat – alat (dishwashing Area), dan tempat sampah (Garbage Area).
Housekeeping dibagi menjadi beberapa section, antara lain yaitu:
1. Public Area, seksi yang mempunyai tugas dan tanggungjawab untuk menjaga kebersihan, kerapihan, keindahan dan kenyamanan seluruh area hotel,
baik yang ada diluar gedung maupun didalam gedung hotel, antara lain Lobby area, restroom, restaurant,meeting room dan fasilitas untuk karyawan hotel.
2. Laundry, seksi yang mempunyai tanggung jawab untuk menyediakan linen-linen yang bersih untuk keperluaan kamar, restauran dan meeting room, menyediakan seragam bersih bagi karyawan dan membersihkan pakaian tamu yang kotor.
3. Florist, seksi yang bertanggung jawab untuk menyediakan dan merangkai bunga-bunga yang segar untuk memperindah dekorasi dalam hotel.
4. Gardener, Seksi yang bertanggung jawab untuk memelihara tanaman-tanaman baik didalam maupun diluar hotel.
5.      Room Section / Floor Section
      Bagian yang memelihara dan menjaga kebersihan kamar – kamar.
6.      Houseman
Bagian yang membersihkan public space (area kosong atau tidak terpakai) dan event (acara penting hotel)
7.      Yardman
     Bagian yang menangani kebun kebun
8.      Pool section
            Bagian yang menangani kolam renang
9.      Incinerator Section
            Bagian pengelola pembakaran sampah
10.  Upsholter Section
            Bagian reparasi mebel, karpet
Untuk Laundry Department itu sendiri adalah bagian yang memberikan pelayan pencucian pakaian tamu, pakaian seragam (uniform) untuk karyawan serta menyediakan kebutuhan linen yang diperlukan untuk operasional hotel.
Laundry Department dibagi menjadi beberpaa section, antara lain sebagai berikut:
a. Washer        : Bagian pencucian.
b. Linen           : Bertanggung jawab atas linen dan napkin/ sheet, table.
c. Iron              : Bagian penyetrikaan pakaian tamu atau karywan.
d. Dry Cleaning: Bagian yang mengoperasikan penatu kimia.
e. Valet            : Bagian yang mengambil pakaian dari tamu dan
mengantarkan pakaian itu kembali dalam
f. Checker       : Bagian pengecekan pakaian.
g. Rolls            : Bagian Rolling untuk bahan bahan lembaran atau sheet.
h. Uniform      : Bagian pakaian seragam karyawan atau trainee.
i. Office           : Kantor yang merupakan sentral dari unit.

B.   STRUKTUR ORGANISASI HOUSE KEEPINNG DEPARTEMENT

        
C. HUBUNGAN HOUSE KEEPING DEPARTEMENT DENGAN DEPARTEMENT LAIN

Dalam Buku Tata Graha Hotel (Housekeeping) Menurut Darsono (1995: 2-6) Mengatakan bahwa:“Hubungan departemen Housekeeping (HK) dengan departemen lain sebagai berikut”:
1. Hubungan housekeeping dengan Front Office
Laporan status kamar (room report)
Laporan mengenai kehilangan barang-barang milik hotel yang dibawa tamu
Laporan mengenai penemuan barang-barang milik tamu yang tertinggal di kamar sesudah tamu berangkat/check out.
Front office member informasi kepada housekeeping bahwa ada tamu yang segera masuk/check in, sehingga housekeeping akan menyiapkan kamar untuk tamu tersebut.
2. Hubungan Housekeeping dengan binatu (Loundry)
Menangani masalah pencucian pakaian tamu, pakaian karyawan, dan pencucian linen-linen yang dipakai oleh bagian HK.
Penanganan keluhan tamu pada cucian, meliputi cucian kurang bersih,cucian bernoda, cucian hilang atau rusak, dan cucian tertukar.
Penanganan keterlambatan pengiriman linen yang dipakai oleh HK maupun outlet lain karena listrik mati, kerusakan mesin dan lain-lain.
3. Hubungan housekeeping dengan bagian pembelian (Purchasing)
Menangani pembelian dan penyimpanan barang-barang yang dibutuhkan oleh HK. Barang tersebut meliputi alat-alat pembersih, obat pembersih,perlengkapan tamu, linen-linen untuk HK, dan alat penunjang operasional lain seperti formulir-formulir.
4. Hubungan Housekeeping dengan bagian Engineering
Perbaikan dan pemeliharaan alat-alat terutama yang menyangkut operasional HK.
Perbaikan perlengkapan HK yang ada di kamar tamu.
5. Hubungan Housekeeping dan Security
Pengawasan oleh pihak keamanan pada area-area HK, meliputi koridor, tempat tugas room boy dan kantor HK.
Keamanan barang-barang milik tamu dan keselamatan tamu.
6. Hubungan Housekeeping dengan Food & Beverage
Pelayanan room service kepada tamu.
Pengiriman karangan buah (fruitstand) untuk tamu VIP
7. Hubungan Housekeeping dengan bagian Personalia
Pengadaan tenaga kerjA
Pengangkatan pegawai
Pelatihan pegawai
Pemutusan hubungan kerja
Cuti karyawan
Surat peringatan untuk pegawai
Pembayaran gaji dan lembur pegawai


*dari berbagai sumber.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar